Wednesday 6 April 2016

Cara Perpanjang STNK dan Pajak 5 tahun / Ganti Plat Nomor Kendaraan di SAMSAT Kebon Nanas Jakarta Timur


Gontai79 - Gak terasa motor Supra Merah saya, sudah setia menemani selama 5 (lima) tahun, dan saatnya harus bayar pajak tahunan dan ganti plat. Eits, ganti plat bukan berarti nomor yang ada diplatnya yang diganti karena nopolnya tetap sama. Hari ini Rabu 06 April 2016 saatnya memenuhi kewajiban sebagai pemilik kendaraan bermotor yaitu membayar pajak tahunan dan sekaligus mengganti plat kendaraan.

Dari pengalaman tadi pagi (saya ngetik ini malam jam 21.10 WIB he he he) ternyata mengurus Perpanjangan STNK dan Pajak 5 tahun sendiri tidak seribet yang ada dibayangan selama ini, walaupun ada saja yang datang menghampiri menawarkan jasa dengan bilang ongkos jasanya hanya Rp. 10.000,- saja. Tapi karena hari ini saya memang tidak begitu sibuk.... jadi saya putuskan untuk tidak menghiraukan para calo itu, dan hanya menanggapinya dengan senyuman...

Dari pintu masuk langsung saja menuju tempat cek fisik kendaraan, ternyata disana sudah banyak yang antri. Rupanya banyak juga yang akan mengganti plat nomor kendaraannya pada hari ini. Setelah cek fisik, kita datang keloket yeng letaknya memang disebelah tempat cek fisik tadi. Diloket ini kita menyerahkan hasil dari cek fisik kendaaan, fotocopy KTP, STNK juga BPKB. Ada baiknya kalau semua fotocopy itu disiapkan sebelum kita kesana, tinggal digabungin dengan hasil cek fisik tadi.... tapi tadi saya tidak menyiapkannya dari rumah, jadi semua berkas tadi saya fotocopy disana. Dan biaya fotocopynya sebesar Rp. 2000,- untuk fotocopy KTP, STNK dan BPKB. Setelah semua dokumen yang diperlukan lengkap lalu saya bawa keloket dan diloket tersebut kita diwajibkan bayar Rp. 20.000,-

Nah, dengan membawa berkas dari loket tadi sayapun masuk kedalam gedung yang berada diseberangnya untuk mengisi formulir pajak kendaraan bermotor. Tenang, kalau masih ada yang bingung cara mengisinya... disana sudah disiapkan contohnya dan contohnya itu sudah sangat jelas kok. Tapi kalau masih bingung juga ya... tanya saja sama Pak Polisi atau sama yang lain... kan malu bertanya sesat dijalan...  he he he.. sekedar info ya... jangan lupa bawa pulpen buat ngisi formulirnya, biar cepat dan gak perlu gantian atau minjem punya orang. Pengalaman tadi pagi saya tidak bawa pulpen, yang lain sibuk mengisi formulir dan saya hanya bisa melongo he he he. Entah kebetulan atau tidak, ada Bapak penjual pulpen yang menghampiri dan menawarkan pulpen kesaya. Apa boleh buat saya harus beli pulpen, dan harga pulpen yang dijual oleh Bapak itu adalah Rp. 3000,-

Dengan berbekal kemampuan menulis dan mencontoh formulir contoh yang tertempel itu, perlahan tapi pasti. Akhinya saya mampu mengisi formulir tersebut tanpa bantuan siapapun (rada lebay ya dan maaf ya NOPOLnya saya gak kasih liat), setelah formulir selesai diisi semua, saya berangkat keloket tempat pembayaran. Yup disana sudah ada yang antri, tapi antriannya tidak panjang.... saya tidak perlu lama menunggu, langsung berikan berkas-berkas tadi plus formulir yang sudah saya isi... diterima dan dilihat dimasukan datanya ke komputer dan langsung dibilang biayanya... setiap orang kemungkinan bisa beda biayanya. Tergantung telat atau tidak, bisa juga tergantung dari merk atau type kendaraannya

Setelah selesai urusan administrasi pembayaran, sekarang tinggal tunggu plat nomor dicetak, tempat cetak plat nomor letaknya tidak jauh dengn loket pembayaran tersebut, malah bisa dibilang bersebelahan. Dan tidak perlu menunggu lama plat nomor kendaraan sudah selesai. Plat nomor selesai tinggal ambil STNK, dan STNK juga gak perlu nunggu... tinggal ambil saja... setelah itu selesai!!!! Dan terserah mau kemana he he he... bisa balik kerumah atau mau mampir dulu... semua terserah anda..... sekian ulasan saya tentang Cara Perpanjang STNK dan Pajak 5 tahun / Ganti Plat Nomor Kendaraan di SAMSAT Kebon Nanas Jakarta Timur. Semoga bisa bermanfaat, dan ingat ya... kalau memang bisa mengurus sendiri buat apa harus menggunakan calo? Ya.. tapi itu terserah kepada masing-masing sich...Kalau masih ada yang kurang, dan ada yang mau nambahin atau berbagi, bisa  tulis dikolom komentar dibawah ini.